Berbagai jenis atau ragam terapi air

 Selain udara air merupakan keperluan hidup yang mutlak . Kita tidak dapat hidup lebih dari beberapa hari  saja , sama haqlnya dengan hidup tanpa udara untuk beberapa menit . Karena itu seperti halnya udara alam telah menyediakan bagi kita air yang berlimpah
Untuk tetap sehat dalam waktu 24 jam  setiap orang harus minum  atau makan  makanan cair lainnya sebanyak 5 puond.
Melalui penelitian ditemukan banyak sekali jenis air yang dapat digunakan sebagai pengobatan ,antara lain  :
1.    TERAPI AIR MINUM  : terapi ini ditemukan oleh para Rsi dari India  dan dibuktikan secara klinis ternyata mampu menyembuhkan bermacam- macam penyakit . Terapi ini dilakukan dengan cara : setiap pagi setelah bangun tidur 1,5 liter air yaitu sekitar 5-6 gelas .  Air ini harus  berada dalam suhu kamar , dan cara yang lebih aman agar  tidak terlal;u berat menjalaninya yaitu dengan memasukkan   air kedalam  botol 1,5 liter  dan simpan botol tersebut di samping  tempat tidur sebelum tidur.

2.    TERAPI AIR GARAM: Air garam banyak mengandung unsur mineral  yang diperlukan oleh tubuh. Dari segi kesehatan unsur-unsur tersebut memberikan efek menenangkan , rilex , bagi otot. Oleh karena itu terpie dengan air garam atau air laut sangat bermanfaat bagi tubuh. Disamping itu air garam mampu menyembuhkan gatal –gatal pada tubuh , karena garam juga bersifat sebagai anti septic.  Di Bali dekenal istilah melukat  yaitu membersihkan tubuh dari unsur negative  baik yang bersifat sekale maupun nis kala , dan yang dituju pastilah pantai /air garam / laut untuk membersihkan badan disertai dengan doa-doa.

3.    TERAPI MANDI KEMBANG:  Madi kembang  juga mampu memberikan efek sebagai pengobatan . Di Bali ada istilah MEBAYUH dengan menggunakan  3,5,7,11 jenis / macam kembang yang wangi wangi dan beraneka ragam .Di Jawa ada juga istilah mandi kembang telon yang pada dasar nya tujuan yang ingin dicapai adalah sama  yaitu terapi. Secara logika bila kita telusuri , kembang atau bunga yang kita campurkan pada air akan memberikan efek tenang , nyaman  disamping kita ketahui bahwa bunga itu sendiri mengandung suatu zat, yang member efek menyehatkan. Karena itulah saat ini banyak SPA /tempat-tempat terapi yang menggunakan air kembang. Apalagi disertai doa-doa /atau mantra.

4.    TERAPI AIR BERARUS : Terapi ini pada awalnya banyak dilakukan oleh spiritual untuk meningkatkan ilmunya dengan meditasinya . Hal ini sering dilakukan pada air pertemu8an antara sungai dengan laut . Saat ini terpi seperti keadaan seperti ini sudah dapat dibuat dengan tehnologi yang canggih tanpa harus dating kesungai atau laut  tetapi  diruangan yang tertutup  yang disebut Jacuzzi.

5.    TERAPI AIR PANAS  : Terapi seperti ini banyak saat ini baik yang ada secara alamiah maupun buatan manusia . Yang alamiah contonya   air panas Toyo Bungkah,  pokoknya air panas yang timbul dekat gunung yang masih aktif. Sehingga kandungan belerang nya memberikan efek terapi yaitu menyembuhkan  gatal, melancarkan peredaran darah, dan lain lain yang sudah terbukti kebenarannya, mengurangi rematik.

6.    TERAPI AIR DINGIN  : Terapi ini dilakukan dengan berendam di pagi buta . Biasanya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan  daya than tubuh seseorang . Banyak pesilat jaman dahulu menggunakan cara ini untuk melatih muridnya.

7.    TERAPI AIR PANAS  DAN AIR DINGIN : Terapi ini dilakukan dengan menggabungkan penggunaan air panas dengan air dingin . Air panas digunakan untuk memekarkan ori-pori kulit   sehingga kotoran yang melekat di badan dapat dibrsihkan denan tuntas . Setelah itu dibilas kembali dengan air dingin agar pori pori merapat kembali.

8.    TERAPI DENGAN AIR SUCI: Di Bali banyak sumber mata air yang katakana suci  yang diceritakan  secara turun temurun oleh para leluhur kita . Tentu saja sudah dilakukan dengan berbagai percobaan. Tetapi kembali kepada kepercayaan masih- masing , keyakinan kita masing _masing.   Bila kita sudah meyakini ,sebagai ciptaan Tuhan apapun yang tidak mungkin akan bisa menjadi mungkin .  Air suci yang diyakini mampu memberikan terapi biasanya air yang mata airnya ada di pura atau dekat pura seperti; Tirta Empul di Tampak Siring, , di Pura Mengening , Tampak Siring, Di Sebatu, Tegelalang  dan banyak lagi.

Banyak lagi terapi yang menggunakan sarana air yang diyakini dapat menyembuhkan .
Menurut kitab Sici Weda  air dikatakan memiliki khasiat   pengobatan , menyembuhkan semua jenis penyakit . Mandi dan berendam  merupakan obat yang efektif dan air hujan memberikan kemuliaan

Semoga Bermanfaat

I Nyoman sridana, S.Kes.H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *