Jagalah Otakmu Bila Mau Sehat dan Awet Muda

Otak sebagai penyimpan ingatan perlu nutrisi bersama oksigen untuk tetap hidup. Kita bisa hidup beberapa hari tanpa makanan dan air, tetapi tidak dapat hidup selama 4 menit saja tanpa oxygen. Bahkan sel-sel otak kita akan mati bila dalam waktu 15 detik tanpa adanya oksigen. Setiap sel didalam tubuh manusia membutuhkan oksigen, untuk membelah, untuk bertumbuh dan untuk sel tetap hidup. Oksigen bermanfaat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, meningkatkan metabolisme, mengurangi racun dalam darah, menstabilkan tekanan darah, memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh, mengatasi stress dan gugup, mempercantik kulit dan mengatasi penuaan dini.

Daya ingat (index memory) menurut Saifudin (2015), daya ingat (index memori) adalah suatu aktivitas kognitif dimana manusia menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau (berdasar pada kesan kesan), suatu daya pada jiwa kita yang dapat menerima, menyimpan dan mereproduksikan kembali pengertian-pengertian atau tanggapan-tanggapan kita. kemampuan untuk menyimpan informasi sehingga dapat digunakan lagi dimasa yang akan datang. Mengingat adalah suatu perbuatan menyimpan hal-hal yang sudah pernah diketahui untuk lain waktu dikeluarkan dan digunakan kembali. Fungsi ingatan penting sekali dalam proses belajar. Tanpa ingatan hampir tidak mungkin seseorang mampu mempelajari sesuatu. Ingatan adalah pusat segalanya, tanpa daya ingat kita tidak dapat merefleksikan diri, pemahaman diri dari kesadaran yang berkesinambungan. Tiga tahapan dalam memori: 1) Proses encoding (penyusunan kode); 2) Proses storage (penyimpanan informasi) dan; 3) proces retrieval (proses mengingat kembali). Ada dua jenis ingatan: 1) Ingatan jangka pendek/disadari(aktif) dan; 2) ingatan jangka panjang atau tidak disadari. Ingatan dapat gagal pada salah satu dari tahapan tersebut yang menjadikannya lupa.

Daya Ingat menurun atau pelupa, menurut Dakir (dalam Zakya,dkk. 2013) kelupaan dapat terjadi karena bermacam-macam sebab di antaranya : 1) Karena sakit keras, sehingga otak kita terganggu; 2) Karena kesan yang diterima telah berlangsung pada waktu yang lama; 3) Karena pesan yang diterima tidak menarik perhatian lagi, sehingga ingatan menjadi tidak lagi setia; 4) Karena masuknya tanggapan baru, sehingga tanggapan yang lama terdesak (inhibisi retro aktif) dan ; 5) Karena situasi tertentu.

Menurut Pasha (2010) fungsi daya ingat (index memory) secara kognitif yaitu: 1) Kemampuan otak memilih, menerima, mengelompokkan atau menggolongkan serta menggabungkan berbagai informasi sensoris yang diterima; 2) Fungsi belajar dan fungsi fengingat merupakan kemampuan menyimpan serta memanggil kembali informasi sensoris yang didapat; 3) Fungsi berpikir merupakan kemampuan otak melakukan kontrol pada emosi serta menyusun dan menilai ulang semua informasi yang diperoleh dan; 4) Fungsi ekspresif merupakan kemampuan otak mengekspresikan diri terhadap informasi yang dimiliki. Pada proses belajar dan proses mengingat, seseorang yang menginginkan untuk memanggil kembali informasi sensoris yang diterimanya dimasa lalu harus melalui tiga proses yaitu: 1) Belajar (learning): proses encoding serta pencatatan informasi yang diterima; 2) Proses memanggil kembali ingatan yang telah tersimpan.

Berdasarkan uraian di atas bahwa dalam otak itulah sistem memori manusia tersimpan, selanjutnya dengan sistem memori yang dimiliknya manusia dapat belajar dengan cara menyerap, mengolah, menyimpan dan mereproduksi pengetahuan dan keterampilan untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupannya di muka bumi ini.  Jadi kesimpulannya mengatasi penurunan daya ingat merupakan menanggulangi atau mengatasi agar bertahan pada tempatnya (index memory) sebagai alat penyimpanan dari berbagai informasi yang nantinya dapat dipergunakan kembali disaat seorang manusia membutuhkan ingatan tersebut pada suatu waktu.

Hal tersebut mendasari Di Klinik Usada Taru Pramana mengadakan berbagai penelitian untung mengatasi maslah Otak, supaya otak tetap sehat dan awet muda. sekarang telah ada produknya berupa teh celup Memory plus. silakan komsumsi dan buktikan keajaibannya. Usada Bali sangat luar biasa bukan secara emiris namuan secara ilmiah sudah dapat dibuktikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *