BENTUK-BENTUK OLAHAN OBAT TARU PREMANA
JENIS-JENIS OLAHAN OBAT TARU PREMANA
Dalam pengolahan bahan obat Taru Peremana, para Usadawan / Balin meramunya dengan berbagai bentuk / olahan. Olahan-olahan yang umum berlaku dimasyarakat untuk mempermudah pemakaiannya sebagai berikut:
- Tutuh atau pepeh
Berbentuk cairan sari pati, pengolahannya: segala ramuan diambil sari patinya, dengan memeras bahan-bahanya, jika bahan keras digiling. Campur sedikit dengan air, remas-remas diperas dan disaring. Juga mungkin berupa minyak hasil gorengan bahan, tergantung petunjuk pengobatan. Cara pemakaiannya: diteteskan pada telinga atau hidung atau keduanya (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Boreh
Boreh dapat disamakan dengan parem, berbentuk serbuk halus, dalam penggunaannya dicampur dengan cairan (air, cuka, arak atau alcohol/ditentukan). Cara membuat adalah bahan-bahan dihaluskan tidak perlu diperas kemudian dicampur dengan cairannya. Aturan pemakaiannya: selesai diolah langsung diparemkan pada anggota badan, tidak dibagian perut. Kadang sebelum digunakan didadah atau dipanaskan terlebih dahulu (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Loloh
Cairan sari pati yang lebih pekat, cara pengolahannya: kecuali bahan lain terlebih dahulu digiling tidak perlu sampai halus, diremas-remas kemudian diperas serta disaring. Campur dengan cairan yang telah ditentukan kemudian ditambahkan sedikit garam, siap diminum tapi bila perlu diminum hangat harus didadah atau sekeb. Cara lain untuk mengahangatkan adalah bahan yang telah digiling ditim (bungkus dengan daun pisang dan dikukus) terus ditambuh. Pemakaiannya dengan cara diminum (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Uap atau urap
Bentuk hampir sama dengan boreh, cara membuat seperti tutuh dan boreh. Aturan pemakaiaan: dengan menggunakan tangan urapkan pada kulit bagian badan yang dirasa sakit (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Ses atau cairan pembersih luka.
Berupa cairan sebagai pencegah infeksi, cara membuat bahan direbus dalam air kemudian setelah mendidih didinginkan lebih dulu baru digunakan dengan cara menyiram bagian luka (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Oles
Bentuk dan cara pengolahannya sama dengan urap atau lumur, tapi saat menggunakan dengan memakai alat berupa lidi atau bulu ayam (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Obat sembur (Simbuh) Bahan ramuan dikunyah setelah lumat langsung disemburkan pada bagian yang sakit (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- Obat tampel atau tempel (jika diubun-ubun disebut pupuk) Bentuk dan pengolahan seperti boreh tapi lebih padat dan cara pemakaian dengan ditempelkan kebagian yang sakit, biasanya dipusat nadi (Sutara dan Kriswiyanti, 2007).
- TARU PREMANA
Tumbuh-tumbuha itu tumbuh di berbagai wilayah negara dengan nama dan jenis yang berbeda-beda. Tumbuh-tumbuhan atau flora itu memiliki makna tersendiri untuk mengabdikan dirinya pada kehidupan di dunia ini, baik kepada manusia maupun hewan. Ada tumbuh-tumbuhan yang menjadi bahan makanan bagi manusia, ada juga menjadi bahan obat-obatan untuk menolong manusia mengobati penyakitnya.
Jadi demikian besar jasa pengabdian flora tersebut pada kehidupan umat manusia di kolong langit ini. Oleh karena itu sudah sangat patut umat Hindu di Bali merayakan Tumpek Bubuh untuk memuja Dewa Sengkara sebagai manifestasi Tuhan yang menciptakan serta memelihara tumbuh-tumbuhan. Seperti pada bulan maret 2013 jatuh pada tanggal 2 sehingga penulis terketuk untuk mempelajari dan menuliskannya lebih rinci.
Di Bali sendiri umat Hindu banyak juga mengenal tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit dengan dampak samping yang sangat minim. Misalnya seperti disebutkan dalam Lontar Usada Taru Premana. Lontar ini salah satu satu sumber pustaka yang utama untuk mempelajari tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai bahan obat-obatan. Dalam Lontar Usada Taru Premana ini disebutkan tumbuh-tumbuhan itu dapat berbicara pada Mpu Kuturan. (Nawa usada Bali, 2009)
Taru Premana sesungguhnya nama seorang dukun (balian) mengobati. Menurut balian Taru Premana tumbuh-tumbuhan obat-obatan memiliki tiga khasiat. Ada yang berkhasiat anget, tis dan dumalada. Artinya hangat, sejuk dan sedang-sedang saja. Tumbuhan yang bunganya berwarna putih, kuning dan hijau mempunyai khasiat anget, sedangkan yang berbunga merah dan biru termasuk golongan yang berhasiat tis. Yang bunganya beraneka warna tergolong yang dumelada. Kalau ditinjau dari rasanya tumbuhan yang rasanya manis dan asam tergolong berkhasiat panas. Yang rasanya pahit atau pedas dan sepat termasuk berkhasiat tis.
- SEJARAH TARU PRAMANA
Dahulu ada seorang Empu bernama “Empu kuturan”. Beliau seorang dukun Sidi Wakia, selalu dingi tangan jika beliau mengobati orang sakit. Beberapa hari beliau dapat mengobati serta menyembuhkan segala penyakit. Beliau belum pernah gagal selama menangani orang sakit dan selalu berhasil walaupun dalam keadaan sakit parah.
Suatu hari entah apa penyebabnya beliau menjadi sangat kecewa setiap pasien yang diobatinya kebanyakan menemukan ajalnya. Pada saat itu beliau “Erang” menanggung rasa malu yang tak terhingga, kemudian timbul niat beliau untuk bersemedi dan tak lama kemudian beliau mendengar ada suara “Sabda” di awing-awang atau ambara.
Terdengarlah Sabda dari Betari Khayangan.
Setelah mendengar Sabda tersebut akhirnya Empu Kuturan pun mengetahui nama pepohonan sebagai obat. Selanjutnya pohon itu datang satu demi satu untuk menyatakan kegunaan masing – masing. Bagaimanakah cara untuk menyatakan diri mereka sebagai obat adalah sebagai berikut :
Pertama – tama datanglah pohon “ Kepuh “ lalu bertanya, “mengapa Prabu Empu murung seperti kesusahan? dan kalau boleh hamba tahu kenapa pula Prabu Empu Kuturan berada di kuburan ?”
“Hai pohon kepuh mungkin engkau sudah tahu mengapa aku berada disini. Aku kecewa karena gagal sebagai dukun, Untuk itulah aku kemari,” demikian jawab Empu Kuturan.
“Ratu Sang Prabu, jika demikian, ini adik-adik hamba yang datang dipergunakan sebagai obat, namun hamba minta maaf karena tidak bisa dipakai obat. Tetapi adik saya pohon Kepah bisa. “ jawab pohon kepuh.
- Saya bernama pohon “Lata”, kulit (babakan) saya sedang (dumellade). Saya dapat dipergunakan untuk obat sakit uyang (gelisah). Ambil kulit saya sebagai wedak lulur (boreh) untuk seluruh badan.
- Saya bernama pohon “Kepopoh”, wasiat saya panas, sedangkan kulit (babakan) saya sedang (dumelade) dan daun saya panas. Akar saya sejuk (tis) saya bisa dipakai untuk uap (boreh) untuk perut orang yang sedang hamil. Pakailah kulit (babakan) saya diisi dengan campuran pulasari dan bawang putih (allium sativum) dua siung. (Suryadarma, 2011)
Mpu Kuturan bersama punggung tiwas mendapatkan panugrahan dari Bhatara di Sad Kahyangan untuk dapat menolong orang sakit dengan mengenali tumbuh-tumbuhan tersebut. Namun menurut Usada Yeh airlah merupakan obat paling utama untuk menghilangkan penyait asalkan disertai puja mantram tertentu. Karena itu cara pengobatan dengan Usada Taru Premana dan Usada Yeh yang digabung muncullah obat loloh, boreh dengan urap, simbuh, kompres (usug) dengan air hangat dan lain-lain.
Beberapa jenis tanaman yang terdapat dalam lontar taru premana sebagai berikut:
1 | Ampel gading | 55 | Kedongdong | 109 | Poh gedang |
2 | Amplas | 56 | Kekara manis | 110 | Poh weni |
3 | Ancak | 57 | Keladi | 111 | Pucuk |
4 | Awar-awar | 58 | Keladi goak | 112 | Pulc |
5 | Awar-awar brahma | 59 | Kelor | 113 | Pulc sai |
6 | Basa basa | 60 | Kembang kuning | 114 | Pulet |
7 | Base / sirih | 61 | Kenarak | 115 | Puring |
8 | Buyung-buyung | 62 | Kenari | 116 | Raso |
9 | Bawang brahma | 63 | Kepah | 117 | Sambung tulang |
10 | Bawang-bawang | 64 | Kepah hai | 118 | Samblung |
11 | Belatung gada | 65 | Kepasilan jeruk | 119 | Sekapa |
12 | Bila | 66 | Kepel | 120 | Sempol |
13 | Bingin | 67 | Kepuh | 121 | Sembung |
14 | Beligo | 68 | Kepundung | 122 | Sentul |
15 | Belimbing manis | 69 | Kesawi bang | 123 | Silikaya |
16 | Belimbing besi | 70 | Kesimukan | 124 | Silikaya jawa |
17 | Bunut bulu | 71 | Ketimun gantung | 125 | Sotong / jambu biji |
18 | Cemara | 72 | Ketimun uku | 126 | Sumaga |
19 | Cenana | 73 | Kelampuak | 127 | Sumanggi |
20 | Cepaka kuning | 74 | Kerasi | 128 | Suren |
21 | Cenangga | 75 | Keroya | 129 | Tabia bun / dakep |
22 | Cerancang kawat | 76 | Kaselegui | 130 | Tangi |
23 | Cereme | 77 | Kuanta | 131 | Tunjung |
24 | Dagdag | 78 | Kutuh | 132 | Tapis tapis |
25 | Damuh damuh | 79 | Lambon kutuh | 133 | Taru api |
26 | Dapdap | 80 | Lili gundi | 134 | Taru bang |
27 | Delima | 81 | Lili gundi kebo | 135 | Taru buwok |
28 | Gading kasturi | 82 | Limawa / mawa | 136 | Taru buhu |
29 | Galing galing | 83 | Limo / lemo | 137 | Taru mas |
30 | Gamongan | 84 | Majeggawu | 138 | Taru manis |
31 | Gatep | 85 | Manas / nenas | 139 | Taru merak |
32 | Gedang | 86 | Nenas bang | 140 | Taru musi |
33 | Gendola | 87 | Manggis | 141 | Taru pala |
34 | Ikuh lutung | 88 | Miana / Iler | 142 | Taru pulir |
35 | Ingan – ingan | 89 | Mica | 143 | Taru sikep |
36 | Jali | 90 | Munggi | 144 | Taru suri |
37 | Jarak | 91 | Nangka | 145 | Taru terrong |
38 | Jempiring | 92 | Nyuh gading | 146 | Taru udak |
39 | Jepun | 93 | Pahang | 147 | Tebu malem |
40 | Jeruju | 94 | Padi padi | 148 | Teep |
41 | Juet | 95 | Pakel | 149 | Teleng |
42 | Kaleasih | 96 | Paya | 150 | Teter |
43 | Kalenco | 97 | Paku jukut | 151 | Tigaron |
44 | Kalean | 98 | Paku lelipi | 152 | Tihih |
45 | Kaliki kita | 99 | Palit sedengan | 153 | Tilap |
46 | Kaliyombo | 100 | Pancar sona | 154 | Tinga tinga |
47 | Kamurugan | 101 | Pangi | 155 | Tingkih / kemiri |
48 | Kangkang yuyu | 102 | Papcron | 156 | Tingulun |
49 | Kapas | 103 | Pengeng-pengeng | 157 | Tuhung |
50 | Kapasan | 104 | Penyisih | 158 | Uduh |
51 | Kapohpoh | 105 | Pepe | 159 | Wuut wuhut |
52 | Kasa kasa | 106 | Piling | 160 | Uyah uyah |
53 | Kasegsegan | 107 | Pas pasan | 161 | Wani |
54 | Kecubung | 108 | Poh amplem |
Sumber: I GP Suryadarma, Prospek Pengobatan Usada Taru Premana, Fakultas Usada, Universitas Hindu Indonesia, Widya Dharma. Denpasar 2011